10 Langkah Sukses dan Tepat Melamar Kerja Secara Online

10 Langkah Sukses dan Tepat Melamar Kerja Secara Online - Di tengah pandemi Covid-19 banyak hal yang berubah. Mulai dari kebiasaan hingga kehidupan sosial yang mulai sangat rumit. Banyak dampak buruk yang dialami oleh banyak orang, terutama mereka yang berada di bawah garis kemiskinan. Tak terkecuali mereka yang berada pada kalangan menengah di negeri ini. Jika menilik dan punya waktu sedikit untuk membuka situs berita nasional yang terpercaya dengan kata kunci dampak Covid-19. Maka tak hayal Kita akan disuguhi ratusan berita tentang dampak luar biasa Pandemi Covid-19 ini. Mengerikan memang, Salah satunya adalah maraknya Pemutusan Hubungan Kerja dari perusahaan baik yang bonafit maupun Usaha Kecil dan Menegah. Nah secercah harapan hadir dari bantuan yang diberikan oleh pemerintah dengan program-program unggulan yang mereka Klaim mampu mengatasi masalah yang terjadi akibat Covid-19 ini. Mulai dari kontroversi hingga petisi pun meraja di dunia maya. Somasi tak percaya, apatisme dan lain sebagainya menyerbu "Cara Penanganan Corona Virus oleh Pemerintah". Namun terlepas dari semua itu, tetap dalam satu komando, taat akan atur mudah-mudahan menjadi solusi terbaik dalam penanganan Covid-19 ini. Hingga memutus mati mata rantai penyebarannya. Sumatera Barat sendiri melalui press rilis yang dikeluarkan situs resmi Pemprov Sumbar. Besok tanggal 22 sampai dengan 14 hari ke depan, gelombang pertama. (berharap hanya 1 gelombang). Melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 20 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam Penanganan Covid-19 di Sumbar. Pergub tersebut berpedoman kepada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang penanganan Covid-19. Nah Berdasarkan informasi di atas, Saya sendiri yang bekerja di bidang retail tidak akan terdampak dengan Peraturan PSBB tersebut di atas, Namun akan terdampak sangat tinggi tertular Covid-19. Saya berharap ada ketegasan dari pihak terkait untuk memberikan sosialisasi dan tindakan tegas bagi perusahaan yang tidak melindungi karyawan mereka. Tindakan tidak melindungi seperti tidak menyediakan masker layak, sarung tangan dan hand sanitizer yang cukup saat kerja. Semoga saja. Baca Juga : 10 Daftar Pekerjaan Milenial Dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Dampak dari Covid-19 juga tentang penerimaan karyawan atau tenanga kerja baru. Nah dari pada Anda sibuk tidak jelas selama masa PSBB, Berikut adalah ulasan Saya tentang Langkah Tepat Dalam Melamar Kerja Secara Online. Seperti kegitan lainnya. Semisal Work to Home, dan Belajar dari Rumah. Melamar Kerja dari Rumah pun Bisa Anda terapkan. Nah Apa saja langkah tepat dan ampuh dalam melamar kerja sacara online atau daring? Berikut tipsnya untuk Anda yang sedang sibuk mencari cara melamar kerja online atau daring. Hal yang perlu Anda siapkan dalam proses lamar kerja online atau daring ini adalah berkas lamaran. Tentunya semua berkas berbentuk digital alias data elektronik seperti lamaran, ijazah dan lainnya dalam bentuk PDF. Siapkan seluruh data yang Anda perlukan. 1. Siapkan semua data dan bekas lamaran berbentuk digital Beberapa data yang tersedia akan Anda butuhkan diantaranya Ijazah, Surat lamaran, Foto dan CV serta bahan lain. Silahkan buat format berkas tersebut dalam bentuk PDF atau Rar. Anda bisa menggunakan aplikasi baik yang tersedia di printer maupun di handphone Anda untuk merubah semua berkas tersebut ke dalam bentuk digital atau PDF. Jangan lupa untuk meng-format seluruh data tersebut dalam berbagai bentuk, ukuran dan kualitas. Beberpa aplikasi atau form hanya menerima berkas dalam ukuran tertentu. Jadi inilah manfaat Anda meng-format seluruh data dalam berbagai ektensi, dan ukuran. 2. Sediakan atau buat akun email Agar bisa melamar kerja secara online. Hal yang wajib Anda lakukan adalah membuat akun email atau akun surat elektronik. Banyak tempat membuat akun seperti Yahoo mail, Outlook, dan Mail Ru atau layanan penyedia email populer Google Mail. Pilihlah sesuai kebutuhan dan kemudahan antar muka. 3. Sediakan alat tulis lengkap termasuk alat hitung Terbatasnya waktu temu juga akan menjadi masalah dalam proses lamar kerja online ini. Biasanya beberapa perusahaan akan langsung mengadakan tes online. Oleh karena itu ada baiknya Anda menyediakan alat tulis, kalkulator dan alat tulis lain yang mendukung. 4. Cari lowongan kerja di situs terpercaya atau langsung ke web perusahaan Mencari lowongan secara daring atau online ini sedikit rumit sedikit gampang. Anda diharuskan untuk jeli mencari situs penyedia informasi lowongan kerja. Saya sendiri sangat merekomendasikan Anda untuk membuat akun Linkedin atau Xing. Dua platform tersebut adalah sosial media khusus profesional. Jika situs-situs yang muncul di page one pencarian google ustru adalah situs yang banyak link aneh dan berputar-putar. Ada baiknya Anda langsung bertAndang ke situs resmi perusahaan. Biasa setiap perusahaan bonafit hingga perusahaan menengah sudah menganggap Web resmi sebagai salah satu syarat pendirian badan usaha. Dengan langsung ke situs resmi Anda akan terbebas dari penipuan ataupun kerumitan yang ada. 5. Siapkan CV atau Curriculum Vitae Hal terpenting yang harus Anda sediakan dalam menerapkan langkah tepat dan ampuh dalam melamar kerja secara daring adalah menyiapkan CV yang sesuai. Biasanya untuk beberapa perusahaan mereka telah menyediakan form atau cover letter untuk CV yang akan Anda kirim. Jangan lupa untuk memastikan CV Anda mengandung data diri beserta nomor yang bisa dihubungi, dan juga pengalaman bekerja Anda. Untuk memudahkan Anda dalam mencari CV. Saya menyarankan format nama CV Anda seperti NamaAndaCV.doc, jangan dengan nama umum seperti CV.doc. Hal ini berguna agar HRD bisa dengan mudah mengingat Anda saat sedang memeriksa kembali CV yang masuk. Siapkan juga cover letter yang flexibel dan bisa Anda gunakan dan ubah dengan mudah untuk setiap jenis pekerjaan yang Anda lamar. Cara unggah atau melampirkan CV dari beberapa perusahaan akan berbeda. Sebagian perusahaan ada yang bisa mengunggah CV langsung dari file Anda ada juga yang mesti copy paste ke form yang mereka sediakan. Jadi menyiapkan CV yang flexible menjadi kunci cara Ampuh Anda dalam melamar kerja secara daring. 6. Pelajari contoh CV dan Format CV yang baik dan benar Di internet banyak sekali contoh CV yang bisa Anda gunakan untuk melamar kerja secara online. Gunakan dan buat beberapa format sesuai kebutuhan. Pelajari dengan baik dan benara panduan membuat CV agar Lang Sukses Melamar kerja secara online bisa Anda eksekusi dengan baik. 7. Siapkan Data Pengalaman Kerja Anda Jangan lupa untuk menyiapkan informasi pengalaman kerja Anda. Lowongan kerja online umumnya menginginkan data yang sama dengan lowongan kerja konvensional, yakni data diri dan alamat Anda, latar belakang pendidikan, serta pengalaman kerja. Baca Juga : 6 Proses Rekrutmen Karyawan Baru yang Wajib Diketahui HRD dan Perusahaan Di dalam pengalaman kerja ini, biasanya Anda juga harus menyertakan posisi jabatan, periode (awal mulai hingga akhirnya berhenti kerja), juga gaji setiap posisi (jika diperlukan). 6. Kapan bisa mulai bekerja? Mungkin Anda beranggapan kenapa pertanyaan seperti ini muncul saat menerapkan langkat tepat dalam melamar kerja secara online? Ini sebenarnya bertujuan agar memotivasi Anda bahwa kapanpun data yang tadi Anda masukkan dan diproses perusahaan. Anda sudah siap dengan panggilan dan siap untuk bekerja. Mak pikirkanlah matang-matang opsi ini dalam kiat sukses Anda melamar kerja secara online. 8. Ikuti aturan dan intruksi lowongan kerja dengan baik dan benar Mengikuti intruksi dan tatacara yang dibuat oleh perusahaan dalam melamar kerja secara online. Menjadi kunci sukses melamar kerja secara online berikutnya. Baca dengan seksama aturan dan deskripsi cara melamar kerja di sebuah perusahaan. Biasanya deskripsi dan tatacara melamar, mulai dari meng-upload berkas hingga mengunggah data lamaran kerja tersedia jelas di web halaman muka situs. Tidak ada salahnya Anda benar-benar membaca aturan yang dibuat untuk pelamar online. Baca Juga : 9 Hak Karyawan yang Tidak Boleh Diabaikan Perusahaan Terlepas dari cara atau gaya Anda melamar sebuah pekerjaan, Anda harus memperhatikan instruksi yang diberikan dari perusahaan di tiap lowongan kerja. Pastikan Anda telah menyiapkan segala persyaratan yang diminta dan baca kembali CV Anda sebelum Anda kirimkan. 9. Pantau terus perkembangan lamaran kerja Anda Melamar kerja secara online yang baik dan benar bukan berarti Anda duduk manis menunggu surat lamaran Anda diproses HRD perusahaan. Anda bisa mulai memeriksa akun media sosial Anda seperti linkedin. Siapa tahu, salah satu karyawan di perusahaan tersebut merupakan sahabat lama Anda. Mana tahu, dan tak ada salahnya Anda men-cek nya. 10. Melamar Kerja via Email Bukan hal yang tabu lagi jika Anda harus mencoba melamar pekerjaan via email atau surat elektronik. Biasanya perusahaan dengan budget sedang menggunakan cara ini dalam merekrut karyawan. Hal yang terpenting adalah pelajari juga cara membuat surat lamaran kerja via email. Kesimpulan Nah itulah 10 langkah sukses melamar kerja secara online. Cara di atas cukup ampuh dan tepat untuk Anda terapkan dalam melamar kerja online. Jika Anda tertarik mencoba, Saya sebagai penulis artikel 10 Langkah Sukses dan Tepat Melamar Kerja Secara Online akan sangat bahagia sekali mendengar kabar bahwa Anda diterima bekerja dengan menerapkan tip di atas. Jangan lupa untuk membagikan artikel 10 Langkah Sukses dan Tepat Melamar Kerja Secara Online kepada kolega dan teman Anda. Jika menurut Anda artikel ini menarik dan bermanfaat. Terimakasih, Salam Sukses dari Saya untuk Anda yang tengah berjuang mencari (kerja) di tengah pandemi Covid-19 ini.
10 Langkah Sukses dan Tepat Melamar Kerja Secara Online - Di tengah pandemi Covid-19 banyak hal yang berubah. Mulai dari kebiasaan hingga kehidupan sosial yang mulai sangat rumit. Banyak dampak buruk yang dialami oleh banyak orang, terutama mereka yang berada di bawah garis kemiskinan. Tak terkecuali mereka yang berada pada kalangan menengah di negeri ini.

Jika menilik dan punya waktu sedikit untuk membuka situs berita nasional yang terpercaya dengan kata kunci dampak Covid-19. Maka tak hayal Kita akan disuguhi ratusan berita tentang dampak luar biasa Pandemi Covid-19 ini.

Mengerikan memang, Salah satunya adalah maraknya Pemutusan Hubungan Kerja dari perusahaan baik yang bonafit maupun Usaha Kecil dan Menegah. Nah secercah harapan hadir dari bantuan yang diberikan oleh pemerintah dengan program-program unggulan yang mereka Klaim mampu mengatasi masalah yang terjadi akibat Covid-19 ini.

Mulai dari kontroversi hingga petisi pun meraja di dunia maya. Somasi tak percaya, apatisme dan lain sebagainya menyerbu "Cara Penanganan Corona Virus oleh Pemerintah". Namun terlepas dari semua itu, tetap dalam satu komando, taat akan atur mudah-mudahan menjadi solusi terbaik dalam penanganan Covid-19 ini. Hingga memutus mati mata rantai penyebarannya.

Sumatera Barat sendiri melalui press rilis yang dikeluarkan situs resmi Pemprov Sumbar. Besok tanggal 22 sampai dengan 14 hari ke depan, gelombang pertama. (berharap hanya 1 gelombang). Melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 20 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam Penanganan Covid-19 di Sumbar. Pergub tersebut berpedoman kepada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang penanganan Covid-19.

Nah Berdasarkan informasi di atas, Saya sendiri yang bekerja di bidang retail tidak akan terdampak dengan Peraturan PSBB tersebut di atas, Namun akan terdampak sangat tinggi tertular Covid-19. Saya berharap ada ketegasan dari pihak terkait untuk memberikan sosialisasi dan tindakan tegas bagi perusahaan yang tidak melindungi karyawan mereka. Tindakan tidak melindungi seperti tidak menyediakan masker layak, sarung tangan dan hand sanitizer yang cukup saat kerja. Semoga saja.

Baca Juga : 10 Daftar Pekerjaan Milenial Dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Dampak dari Covid-19 juga tentang penerimaan karyawan atau tenaga kerja baru. Nah dari pada Anda sibuk tidak jelas selama masa PSBB, Berikut adalah ulasan Saya tentang Langkah Tepat Dalam Melamar Kerja Secara Online. Seperti kegitan lainnya. Semisal Work to Home, dan Belajar dari Rumah. Melamar Kerja dari Rumah pun Bisa Anda terapkan.

Nah Apa saja langkah tepat dan ampuh dalam melamar kerja sacara online atau daring? Berikut tipsnya untuk Anda yang sedang sibuk mencari cara melamar kerja online atau daring.

Hal yang perlu Anda siapkan dalam proses lamar kerja online atau daring ini adalah berkas lamaran. Tentunya semua berkas berbentuk digital alias data elektronik seperti lamaran, ijazah dan lainnya dalam bentuk PDF. Siapkan seluruh data yang Anda perlukan.

1. Siapkan semua data dan bekas lamaran berbentuk digital

Beberapa data yang tersedia akan Anda butuhkan diantaranya Ijazah, Surat lamaran, Foto dan CV serta bahan lain. Silahkan buat format berkas tersebut dalam bentuk PDF atau Rar.

Anda bisa menggunakan aplikasi baik yang tersedia di printer maupun di handphone Anda untuk merubah semua berkas tersebut ke dalam bentuk digital atau PDF. Jangan lupa untuk meng-format seluruh data tersebut dalam berbagai bentuk, ukuran dan kualitas. Beberpa aplikasi atau form hanya menerima berkas dalam ukuran tertentu. Jadi inilah manfaat Anda meng-format seluruh data dalam berbagai ektensi, dan ukuran.

2. Sediakan atau buat akun email

Agar bisa melamar kerja secara online. Hal yang wajib Anda lakukan adalah membuat akun email atau akun surat elektronik. Banyak tempat membuat akun seperti Yahoo mail, Outlook, dan Mail Ru atau layanan penyedia email populer Google Mail. Pilihlah sesuai kebutuhan dan kemudahan antar muka.

3. Sediakan alat tulis lengkap termasuk alat hitung

Terbatasnya waktu temu juga akan menjadi masalah dalam proses lamar kerja online ini. Biasanya beberapa perusahaan akan langsung mengadakan tes online. Oleh karena itu ada baiknya Anda menyediakan alat tulis, kalkulator dan alat tulis lain yang mendukung.

4. Cari lowongan kerja di situs terpercaya atau langsung ke web perusahaan

Mencari lowongan secara daring atau online ini sedikit rumit sedikit gampang. Anda diharuskan untuk jeli mencari situs penyedia informasi lowongan kerja. Saya sendiri sangat merekomendasikan Anda untuk membuat akun Linkedin atau Xing. Dua platform tersebut adalah sosial media khusus profesional.

Jika situs-situs yang muncul di page one pencarian google ustru adalah situs yang banyak link aneh dan berputar-putar. Ada baiknya Anda langsung bertandang ke situs resmi perusahaan. Biasa setiap perusahaan bonafit hingga perusahaan menengah sudah menganggap Web resmi sebagai salah satu syarat pendirian badan usaha. Dengan langsung ke situs resmi Anda akan terbebas dari penipuan ataupun kerumitan yang ada.

5. Siapkan CV atau Curriculum Vitae

Hal terpenting yang harus Anda sediakan dalam menerapkan langkah tepat dan ampuh dalam melamar kerja secara daring adalah menyiapkan CV yang sesuai. Biasanya untuk beberapa perusahaan mereka telah menyediakan form atau cover letter untuk CV yang akan Anda kirim.

Jangan lupa untuk memastikan CV Anda mengandung data diri beserta nomor yang bisa dihubungi, dan juga pengalaman bekerja Anda. Untuk memudahkan Anda dalam mencari CV. Saya menyarankan format nama CV Anda seperti NamaAndaCV.doc, jangan dengan nama umum seperti CV.doc. Hal ini berguna agar HRD bisa dengan mudah mengingat Anda saat sedang memeriksa kembali CV yang masuk. Siapkan juga cover letter yang flexibel dan bisa Anda gunakan dan ubah dengan mudah untuk setiap jenis pekerjaan yang Anda lamar.

Cara unggah atau melampirkan CV dari beberapa perusahaan akan berbeda. Sebagian perusahaan ada yang bisa mengunggah CV langsung dari file Anda di komputer atau HP. Ada juga yang mesti copy paste ke form yang mereka sediakan. Jadi menyiapkan CV yang flexible menjadi kunci cara Ampuh Anda dalam melamar kerja secara daring.

6. Pelajari contoh CV dan Format CV yang baik dan benar

Di internet banyak sekali contoh CV yang bisa Anda gunakan untuk melamar kerja secara online. Gunakan dan buat beberapa format sesuai kebutuhan. Pelajari dengan baik dan benar panduan membuat CV agar Langkah Sukses Melamar kerja secara online bisa Anda eksekusi dengan baik.

7. Siapkan Data Pengalaman Kerja Anda

Jangan lupa untuk menyiapkan informasi pengalaman kerja Anda. Lowongan kerja online umumnya menginginkan data yang sama dengan lowongan kerja konvensional, yakni data diri dan alamat Anda, latar belakang pendidikan, serta pengalaman kerja.

Baca Juga : 6 Proses Rekrutmen Karyawan Baru yang Wajib Diketahui HRD dan Perusahaan

Di dalam pengalaman kerja ini, biasanya Anda juga harus menyertakan posisi jabatan, periode (awal mulai hingga akhirnya berhenti kerja), juga gaji setiap posisi (jika diperlukan).

6. Kapan bisa mulai bekerja?

Mungkin Anda beranggapan kenapa pertanyaan seperti ini muncul saat menerapkan langkah tepat dalam melamar kerja secara online? Ini sebenarnya bertujuan agar memotivasi Anda bahwa kapanpun data yang tadi Anda masukkan dan diproses perusahaan. Anda sudah siap dengan panggilan dan siap untuk bekerja. Maka pikirkanlah matang-matang opsi ini dalam kiat sukses Anda melamar kerja secara online.

8. Ikuti aturan dan intruksi lowongan kerja dengan baik dan benar

Mengikuti intruksi dan tatacara yang dibuat oleh perusahaan dalam melamar kerja secara online. Menjadi kunci sukses melamar kerja secara online berikutnya. Baca dengan seksama aturan dan deskripsi cara melamar kerja di sebuah perusahaan.

Biasanya deskripsi dan tatacara melamar, mulai dari meng-upload berkas hingga mengunggah data lamaran kerja tersedia jelas di web halaman muka situs resmi perusahaan Mereka. Tidak ada salahnya Anda benar-benar membaca aturan yang dibuat untuk pelamar online.

Baca Juga : 9 Hak Karyawan yang Tidak Boleh Diabaikan Perusahaan

Terlepas dari cara atau gaya Anda melamar sebuah pekerjaan, Anda harus memperhatikan instruksi yang diberikan dari perusahaan di tiap lowongan kerja. Pastikan Anda telah menyiapkan segala persyaratan yang diminta dan baca kembali CV Anda sebelum Anda kirimkan.

9. Pantau terus perkembangan lamaran kerja Anda

Melamar kerja secara online yang baik dan benar bukan berarti Anda duduk manis menunggu surat lamaran Anda diproses HRD perusahaan. Anda bisa mulai memeriksa akun media sosial Anda seperti linkedin. Siapa tahu, salah satu karyawan di perusahaan tersebut merupakan sahabat lama Anda. Mana tahu, dan tak ada salahnya Anda men-cek nya.

10. Melamar Kerja via Email

Bukan hal yang tabu lagi jika Anda harus mencoba melamar pekerjaan via email atau surat elektronik. Biasanya perusahaan dengan budget sedang menggunakan cara ini dalam merekrut karyawan. Hal yang terpenting adalah pelajari juga cara membuat surat lamaran kerja via email.

Kesimpulan

Nah itulah 10 langkah sukses melamar kerja secara online. Cara di atas cukup ampuh dan tepat untuk Anda terapkan dalam melamar kerja online. Jika Anda tertarik mencoba, Saya sebagai penulis artikel 10 Langkah Sukses dan Tepat Melamar Kerja Secara Online akan sangat bahagia sekali mendengar kabar bahwa Anda diterima bekerja dengan menerapkan tip di atas.

Jangan lupa untuk membagikan artikel 10 Langkah Sukses dan Tepat Melamar Kerja Secara Online kepada kolega dan teman Anda. Jika menurut Anda artikel ini menarik dan bermanfaat. Terimakasih, Salam Sukses dari Saya untuk Anda yang tengah berjuang mencari (kerja) di tengah pandemi Covid-19 ini.